Wednesday, October 17, 2012

Bakso lotus


Bakso lotus, dermawan harta maupun ilmu

Seperti di kota kota lain, bila kita jalan2 di kota bandung sangat mudah mendapatkan sajian makanan bakso. Salah satunya bakso yang mudah kita jumpai adalah bakso lotus, hampir 50 lebih 

Wartono  lahir tanggal 17 Agustus 1951 di Wonogiri, Jawa Tengah. Dia adalah Pendiri Bakso Lotus yang tersebar diberbagai sudut kota bandung, pria yang sudah dikarunia 4 anak dan 6 cucu ini memulai bisnis baso sejak tahun 79 dengan keliling gang2 sempit memikul dagangannya. Kini nama bakso lotus dipakai 50 lebih pedagang bakso dibandung. Selain berbisnis bakso pak warto panggilan akrabnya sekarang mulai merambah minimarket dan kontrakan rumah. Pak warto yang telah menunaikan ibadah haji 12 tahun yang lalu juga mendirikan lembaga pendidikan agama di tanah kelhirannya di wonogiri

Pak warto bukanlah tipe pengusaha yang berprinsip monopoli, dari 50an yang memakai nama lotus hanya 5 yang benar-benar milik pak warto. Yang lain adalah sanak sodara, mantan karyawanya yang terkumpul dalam arisan guyup rukun, mereka memakai nama lotus yang telah menjadi merek dagang pak warto tanpa memberi imbalan apapun kepada pak warto. Namun demekian mereka tetap mempertahankan ciri khas bakso lotus, mie kuning dibuat oleh pabrik mie yang dibuat oleh pak warto, begitu juga daging bakso juga diling oleh mesin penggilingan pak warto, walau sebenarnya pak warto tidak mewajibkan. Selain itu pak warto juga memberikan pinjaman modal bagi para pedagang baru.

Salah satu bakso lotus milik pak warto yaitu di jalan awibitung cicadas, mulai buka jam 10 pagi sampai jam 8 malam. Menu utamanya adalah mie bakso, yamien bakso juga dilengkapi aneka minuman jus buah, dan segelas air teh gratis. Keistimewaan bakso lotus adalah kuahnya yang begitu kental kaldu sapinya, dicampur dengan mie kuning yang terbuat dari terigu bermutu, semanggkuk porsi mie bakso seharga 8rb.. Cukup terjangkau bagi masayarakat. Sajian bakso pak warto sekilas sederhana tanpa banyak campuran, seperti tauge, sawi, tahu, pangsit dan lainnya tidak dipakai disini. Inilah rasa original bakso.

 Inilah keistimewaan pak warto, walau udah jadi juragan, tapi masih selalu menyempatkan diri melayani para pelanggan. Pak warto sangat mempercayai semua anak buah yang membantu usahanya. Begitu juga dengan anak buahnya sangat loyal, selain mendapat gaji dan kesejahteraan yang layak, mereka juga mendapat banyak ilmu dari pak warto. Pak warto memang sangat dikenal dermawan dengan hartanya maupun ilmunya. Inilah salah satu kunci sukses bagi pak warto. "Cepat sukses itu bisa diraih, tapi mempertahankan sukses perlu perjuangan yang tidak mudah, godaan dan cobaan lebih besardihadapi" begitu kata pak warto ketika diminta nasehat.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment